aa

biruku

Jumat, 04 Januari 2013

Jerman Indonesia dalam Hubungan Diplomatik


Kata sambutan Menteri laur negeri Dr. Guido Westerwelle dalam Rangka peringatan 60 tahun hubungan diplomatic antara Republik Federal Jerman dan Indonesia


Jerman dan Indonesia tahun ini merayakan bersama 60 tahun jalinan hubungan diplomatic kedua Negara. Di wilayah Asia Fasifik Indonesia merupakan partner kunci bagi Jerman. Indonesia adalah partner ekonomi yang dinamis, kelas berat dalam bidang politik dan salah satu pendiri ASEAN yang menjadi jangkar stabilitas di Asia. Jerman dan Indonesia bekerja bahu membahu dalam suatu tatanan global pada G-20 sebagai partner.

       Kami memperhatikan dengan penuh rasa hormat dan simpati, bahwa Indonesia sebagai negara demokratis yaKami memperhatikan dengan penuh rasa hormat dan simpati, bahwa Indonesia sebagai negara demokratis yang hidup mengambil tanggung jawabnya, contohnya dengan menyelenggarakan „Bali Democracy Forum“ sejak 1995. Disini Indonesia berperan sebagai pembela untuk memperjuangkan pemikiran dan nilai-nilai, yang juga dijunjung di Jerman dan Eropa, seperti kebebasan dan demokrasi, Hak Asasi Manusia,
Bersama kita sudah berjalan cukup jauh. Kita telah meningkatkan kerja sama kita yang dulu berdasar pada kerja sama politik pembangunan ke jenjang yang lebih tinggi. „Deklarasi Jakarta“ yang telah ditandatangani Jerman dan Indonesia pada tanggal 10 Juli 2012 lalu, mengarahkan kita pada suatu tujuan strategis dari hubungan kita ini. Kemitraan kita mencakup pertukaraan dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, budaya dan  persoalan masyarakat sipil.  Semboyan „kreativitas dalam keberagaman“ dari „JERIN“ pagelaran mengenai Jerman di Indonesia yang berlangsung selama sembilan bulan pada 2011-2012 telah menjelaskan hal ini: hubungan Jerman-Indonesia adalah hubungan yang hidup dan beragam. Tidak hanya pemeritah yang menjalin kontak baik, tetapi terutama persahabatan di antara bangsa menjadi tambah erat.
„Deklarasi Jakarta“ menggarisbawahi tanggung jawab kita bersama yaitu meneruskan apa yang sudah dilakukan yaitu memperdalam jalinan hubungan kita.



0 komentar: